7 Potret Pedangdut Indonesia Keturunan Arab, Dari Ridho Rhoma Hingga King Nassar

19 September 2024, 21:00 WIB
7 Potret Pedangdut Indonesia Keturunan Arab, Dari Ridho Rhoma Hingga King Nassar

Musik dangdut sudah digemari masyarakat Indonesia sejak beberapa dekade silam hingga saat ini. Nama pedangdut beken pun silih berganti jadi idola masyarakat. Dari banyaknya nama besar di dunia dangdut, terdapat beberapa pedangdut yang memiliki garis keturunan Arab dari leluhurnya. Termasuk Hamdan ATT hingga King Nassar, siapa saja sih mereka? 

A Rafiq atau Ahmad Rafiq merupakan pedangdut keturunan Arab yang top pada zamannya. Tembang 'Pandangan Pertama' dan 'Milikku' menjadi karya abadi mendiang yang kerap dibawakan para penerusnya di musik dangdut saat ini. 

Hamdan ATT atau Hamdan Attamimi merupakan pedangdut blasteran Arab-Maluku. Ia ngetop lewat sejumlah tembang hits seperti 'Termiskin di Dunia' hingga 'Bekas Pacar'. 

Reza Zakarya, pedangdut jebolan D'Academy musim kedua punya keturunan Arab. Ia juga sempat bekerja di Arab Saudi setelah lulus di perguruan tinggi. 

King Nassar atau Nassar Fahad Ahmad Sungkar ini juga punya garis keturunan Arab. Hingga saat ini, Nassar menjadi salah satu pedangdut dengan penampilan yang atraktif di setiap konsernya.

Muchsin Alatas menjadi salah satu pedangdut legendaris keturunan Arab-Bugis. Ia melejit dengan lagu andalannya berjudul 'Pasrah'. Muchsin menikah dengan Titiek Sandhora pada 1972 silam.

Ridho Rhoma merupakan anak dari Rhoma Irama dengan pernikahannya dengan wanita keturunan Arab bernama Marwah Ali. Sayang, karier Ridho di belantika dangdut terhalang sejumlah kasus narkotika.

Rumy Rach adalah salah satu cucu Elvy Sukaesih yang meneruskan jejaknya di musik dangdut. Rumy memiliki garis keturunan Arab dari sang kakek, mendiang Zaidun Zeth bin Abu Bakar bin Djindan yang merupakan suami dari Elvy Sukaesih.

Sumber : KapanLagi.com