8 Potret Profil Isyana Bagoes Oka yang Menjabat Wakil Menteri Kependudukan, Petinggi PSI dan Mantan Jurnalis

22 October 2024, 11:02 WIB
8 Potret Profil Isyana Bagoes Oka yang Menjabat Wakil Menteri Kependudukan, Petinggi PSI dan Mantan Jurnalis

Penetapan nama-nama menteri dan wakil menteri di Kabinet Kabinet Merah Putih oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, menyelipkan nama Isyana Bagoes Oka di dalamnya sebagai Wakil Menteri Kependudukan.

Isyana Bagoes Oka diumumkan sebagai Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Berencana Nasional, atau Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada Minggu 20 Oktober 2024. Banyak yang mungkin ingin tahu, siapa sebenarnya Isyana Bagoes Oka? Yuk simak profilnya!

Isyana Bagoes Oka lahir di Jakarta pada 13 September 1980 dengan nama lengkap Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka.

Perempuan berdarah Bali ini mengawai karirnya sebagai model dan pembawa acara. Ia juga sering muncul di televisi sebagai penyiar berita dan jurnalis.

Diketahui, Isyana Bagoes Oka merupakan alumni Jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Ia lulus program Sarjana S1 di tahun 2003, sebelum mengawali karier sebagai reporter.

Setelah lebih dari satu dekade bekerja di bidang media dan jurnalis, Isyana Bagoes Oka memutuskan masuk ke dunia politik pada tahun 2014 bersama dua rekannya, Grace Natalie dan Raja Juli Antoni yang menginisiasi berdirinya Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kiprahnya dalam dunia politik dimulai sejak ia bergabung ke dalam partai politik, secara spesifik sebagai anggota dewan pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pada tahun 2015, secara resmi dirinya dinyatakan sebagai ketua DPP PSI. Dirinya mengaku terinspirasi mendiang neneknya, Gedong Bagoes Oka yang pernah menjadi anggota DPR dan anggota MPR untuk Utusan Golongan Hindu.

Pemilu 2019, Isyana bergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, dan mencalonkan diri sebagai Anggota Legislatif dari PSI untuk daerah pemilihan Banten III, meski pada akhirnya tidak lolos menjadi anggota DPR-RI.

Isyana Bagoes Oka menjadi salah satu orang yang datang ke undangan Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, pada Selasa 15 Oktober 2024. Mengindikasikan ia akan menjadi salah satu Calon Menteri atau Wakil Menteri di kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto. Dan kini, ia resmi jadi Wakil Menteri Kependudukan.

Sumber : KapanLagi.com